Trend Food Car Mewabah, Hadir Botram On The Road



Trend food car (kafe mobil/red) di Kota Bandung, adaptasi Las Vegas, Amerika Serikat ini sudah mewabah sekitar satu tahun lebih. Sudah tidak asing lagi bila melihat kafe-kafe mobil bertebaran, terutama disudut-sudut pusat ibu kota Provinsi Jawa Barat ini.

Meski pengunjungnya mayoritas kalangan muda, tidak menurunkan minat kalangan lain mencoba mencicipi aneka jajanan yang dijajakan food cars. 


Adalah Botram On The Road, salah satu yang mengusung  food car untuk bisnis kulinernya.  Konsep food car dinilai lebih praktis dibanding sebuah gedung. Bila kita biasa botram (makan rame-rame/red) di sebuah rumah atau di saung alam terbuka, Botram On The Road  berarti botram di sebuah mobil. Konsep mobil Botram On The Road dirancang mirip warung nasi pada umumnya. Tipe mobil di desain memiliki 2 pintu dorong dan 2 pintu buka biasa.


Di balik pintu dorong terdapat lemari kaca yang berisi aneka makanan khas sunda, seperti nasi timbel, bolokotok leunca, ayam aneka bumbu, lalapan, tahu, tempe, aneka semur, dan sebagainya. Terdapat pula papan putih dari sambungan mobil yang bisa dijadikan tempat makan oleh  pembeli.


Gambar teko serta cangkir seng yang dikelilingi lalapan dan coet (ulekan/red) pun menjadi logo yang tertempel di setiap sudut mobil dominasi warna putih itu. “Kalau filosofi tipe mobil secara umum sih paling konsep kita angkringan Jogja. Kalau untuk mobil, ini food car yang umum aja,” kata Diki Muhammad, owner Botram On The Road saat ditemui tengah parkir di depan Gedung Sate Bandung, Jumat (1/3) malam.


Ide membangun bisnis kuliner food car diakui Diki, selain sedang musim, juga karena modal awal yang dikeluarkan tidak sebesar jika membangun sebuah restoran. “Modal awal tentu tidak sebesar jika membangun sebuah restoran. Tetapi untuk memodifikasi mobil yang tadinya biasa, jadi seperti ini cukup lumayan juga sih biayanya,” ujar Diki yang sempat menjadi desainer grafis tersebut. 


Diki pun berencana membuka cabang Botram On The Road dengan masih menggunakan konsep food car.[Santi Sopia]


Related Post



Posting Komentar